Pelatihan Kewirausahaan Pembuatan Anyaman Bambu

 

Desa Bodas, Salah satu desa di kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang memiliki potensi bambu yang melimpah Pelatihan Kegiatan Kewirausahaan pembuatan anyaman bambu bertempat di Balaidesa Bodas (21/07)

Sangat disyangkan jika bambu yang ada di desa dijual secara batangan ‘glondongan’ sehingga nilai jualnya sangat rendah, berkisar 5-10 ribu perbatang, hanya ada beberapa warga yang mengolah bambu untuk dijadikan kerajinan anyaman, jenis kerajinan anyamannya pun sangat terbatas, seperti pagar rumah, reyeng, dunak.

Melihat kondisi tersebut Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Pemalang menetapkan Desa Bodas sebagai sasaran Program Pelatihan Kewirausahaan. Program yang sebelumnya sudah dilakukan di desa lain di Kabupaten Pemalang ini sejalan dengan program untuk pengentasan kemiskinan di Kabupaten Pemalang agar tepat sasaran peserta yang mengikuti pelatihan kewirausahan adalah masyarakat yang sudah memiliki ketrampilan anyaman.

Kegiatan Kewirausahaan pembuatan anyaman bambu di selenggarakan selama 3 hari Selasa 21 Juli -Kamis 23 Juli 2020 bertempat di Balaidesa Bodas Kec. Watukumpul pelatihan diikuti oleh 20 orang peserta dari semua dusun di Desa Bodas selain itu pelatihan juga didampingi narasumber dari pemalang yang sudah ahli dalam pembuatan kerajinan tangan sebagian peserta sudah mempunyai ketrampilan dasar menganyam yang cukup baik sehingga hal ini mempermudah narasumber dalam pendampingannya.

Kegiatan pelatihan yang di mulai pukul 08.00 WIB ini berjalan dengan lancar. Peserta pelatihan sangat telaten menyelesaikan produk kerajinan masing-masing dalam penutupannya Kepala Bidang Dinas Koperasi dan pedagangan Kab.Pemalang menyampaikan bahwa peserta diharapkan dapat mengembangkan kualitas anyaman serta menciptakan variasi produk-produk baru yang lebih menarik peserta pelatihan juga diharapkan bersatu dalam kelompok-kelompok usaha sehingga usaha yang dijalankan dapat berkembang dengan lebih cepat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright Themes © 2023