Antisipasi penyabaran Covid-19 sudah sampai di tingkat desa, seperti halnya Desa Bodas Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang yang membuat posko pemudik untuk mendata warga perantauan (09/04)

Baru-baru ini pemudik yang masuk ke Desa Bodas terus bertambah mayoritas pemudik berasal dari daerah zona merah seperti daerah Jabodetabek. Desa Bodas memiliki 3 Posko yang akan dipantau Pemerintah Desa Bodas, Pemuda Pancasila dan Relawan yang tergabung dalam posko.

Tidak hanya pemantauan pada pemudik saja, tim juga akan memantau setiap orang yang dalam pemantauan (ODP) untuk tetap menjalani isolasi mandiri selama 14 Hari dan menginformasikan pemudik bila terjadi gejala batuk, sesak nafas, segera melakukan pemeriksaan ke puskesmas terdekat. Sampai saat ini jumlah pemudik masih terus berdatangan.

Untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 kuncinya ada pada kesadaran masyarakat untuk mau disiplin dan mau membatasi mobilitas serta mentaati aturan pemerintah, tidak keluar rumah, bekerja dari rumah, beribadah dari rumah,menghindari kerumunan, sering mencuci tangan dan melakukan social distance.