17 Desember 2020

Pertemuan Intervensi Lanjutan Program PIS-PK

Sehat merupakan komponen terpenting dalam hidup manusia, sehat adalah kondisi yang terbebas bagi segala jenis penyakit baik fisik, mental maupun sosial. Dewasa ini zaman cepat berkembang pola dan gaya hidup manusia semakin berubah-ubah yang membuat tekanan dan masalah bagi insan manusia menjadi lebih kompleks hal itu membuat semakin banyak orang mengalami gangguan mental atau setres bahkan apabila tidak dibantu dapat menjadi kronis sehingga menyebabkan gangguan jiwa.

Intervensi penanggulangan masalah ODGJ di Desa Bodas di buka oleh narasumber dari puskesmas watukumpul beliau menyampaikan bahwa sehat dan sakit merupakan anugrah yang dari tuhan yang tidak bisa kita tolak. gangguan kejiwaan pada seseorang merupakan ujian sehingga keluarga dan masyarakat diharapkan jangan mengucilkan seseorang tersebut.

Puskesmas sebagai mitra masyarakat dalam bidang kesehatan membuka layanan psikologi bagi masyarakat yang perlu konsultasi permasalahan bisa datang ke puskesmas saat jam pelayanan karena stres dan pikiran bila tidak diobati bisa menyebabkan masalah gangguan yang lain gan gangguan jiwa berat

Deteksi dini perlu dilakukan untuk mencegah gangguan kejiwaan dengan mengenali tanda-tandanya yakni, penampilan fisik yang mengalami penurunan wicara dan bahasa yang tidak jelas, proses berfikir yang sulit dipahami, emosi dan perasaan yang sering berubah persepsi dan peningkatan psikomotor yang berlebih, adapun faktor gangguan jiwa berasal dari faktor lingkungan, psikologi.

Stres merupakan ketidak sesuaian seseorang terhadap tuntutan yang diterima dengan kemampuan untuk mengatasi tuntutan tersebut apabila orang dengan masalah kejiwaan tidak ditangani maka masuk dengan fase orang dengan gangguan jiwa orang yang mengalami gangguan dalam pikiran, prilaku dan perasaan terwujud dalam bentuk sekumpulan gejala atau perubahan prilaku serta dapat menimbulkan  penderitaan dan hambatan dalam menjalankan fungsi orang sebagai manusia.

Kita jangan pernah melihat bahwa gangguan jiwa merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan lagi meskipun orang dengan gangguan jiwa tersebut tidak sembuh secara sempurna tetapi dengan pengobatan dan bimbingan yang baik ODGJ dapat ditolong atau berfungsi terus bekerja sederhana di rumah atau di luar rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *