BUDIDAYA DAN NILAI EKONOMIS TANAMAN KUNYIT

Budidaya kunyit bisa dan cocok dijalankan oleh semua orang, dengan kemauan dan minat yang tinggi maka budidaya kunyit ini dapat Anda jalankan dengan mudah. (18/12)

Kunyit merupakan jenis rempah yang jumlahnya sangat banyak di Indonesia. Tanaman yang berasal dari akar-akaran ini memiliki khasiat yang besar. Dalam kesehatan peran kunyit memang sangat besar, dimana berbagai jenis penyakit dapat disembuhkan dengan kunyit.  Sebagai tanaman herbal memang kunyit kerap di konsumsi dalam bumbu masakan dan juga dalam bentuk jamu atau obat. Tidak heran karena manfaat tanaman kunyit ini membuat banyak orang yang membudidayakannya. 

Budidaya kunyit memang tidak boleh dipandang sebelah mata budidaya kunyit ini sangat menguntungkan, saat ini banyak pabrik obat hingga kecantikan yang membutuhkan pasokan kunyit dalam jumlah besar. Manfaat kunyit memang besar dan besar pula hasilnya menjalankan budidaya kunyit memang menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang memiliki lahan kosong cara budidaya kunyit memang dapat dikatakan mudah tidak membutuhkan perawatan secara khusus. Dari satu tanaman kunyit mampu menghasilkan panen yang melimpah, untuk lokasi tanah yang pas dalam budidaya kunyit yakni tanah yang subur dan gembur, dimana memiliki kandungan organik yang tinggi serta tanah lempung berpasir yang terbebas dari genangan air atau sedikit basa.

Dalam budidaya kunyit membutuhkan beberapa peralatan penting diantaranya keranjang panen kunyit, timbangan,  pompa air, hand sprayer, pengadaan bibit kunyit, cangkul, gerobak dorong, sewa lahan, golok dan sabit, timba, selang air dan gunting. Dengan adanya peralatan tersebut maka budidaya kunyit akan semakin maksimal.

Patokan harga untuk budidaya kunyit dapat Anda buat dalam hitungan per kunyit dimana harga mulai Rp 2.000/kg hingga Rp 4.000/kg. Ini tergantung dari harga kunyit yang ada di pasaran.

Keuntungan bila Anda memilih terjun dalam budidaya kunyit ini yakni merupakan bisnis pertanian tanaman toga yang paling mengutungkan. Sebab kunyit menjadi bahan penting yang paling banyak di cari.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*