Kirab Ageng Sela Kamulyan

Pemerintah Kecamatan Watukumpul menggelar acara tahunan Ruwat Bumi (Kirab Ageng Sela Kamulyan) Sabtu (21/11)

Acara dihadiri Bupati Pemalang beserta istri Irna Junaedi, Kepala Desa sekecamatan watukumpul serta masyarakat, yang turut meramaikan acara tahunan tersebut penyelenggaraan ruat bumi ini sebagai upaya untuk melestarikan tradisi yang nantinya akan diteruskan oleh penerus kita. Selain menjadi daya tarik ada nilai-nilai universal yang terkandung didalamnya sehingga Kirab Ageng Sela Kamulyan wajib diselenggarakan setiap tahunnya.

Ruwat Bumi ini diharapkan dapat terus dilestarikan ditengah derasnya arus informasi dan pengaruh budaya asing maka ruwat bumi ini dapat kita fungsikan sebagai filter untuk mencegah terjadinya culture snock masyarakat watukumpul dan sekitarnya yang mengandalkan pertanian sebagai sumber pendapatan warga.

Sementara itu prosesi acara ruwat bumi berlangsung meriah diawali dengan arak-arakan dari alun-alun watukumpul menuju lapangan/panggung hiburan. Gunung-gunungan dikumpulkan menjadi satu, warga kembali menuju alun-alun yang sudah ada berbagai macam stand produk unggulan desa salah satunya Dunak dan Kue Cucur produk unggulan desa bodas yang sangat banyak memikat warga untuk membelinya, kemeriahan lainnya menyaksikan hiburan kesenian khas Bodas Kuda Kepang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*